Minggu, 18 Januari 2009

Sudah amankah televisimu?


Televisi. Benda satu ini sekarang seolah-olah sudah menjadi barang primer. Dimana pun kita berada hampir pasti dapat ditemukan televisi. Entah itu ada di perumahan elite, mall, pasar, bahkan bisa kita temukan di perumahan kumuh, walaupun itu hanya televisi hitam putih berukuran 14 inchi.

Banyak orang beranggapan, rumah tanpa televisi seperti tak berpneghuni saja. Tidak ada hiburan, padahal masih banyak yang bisa dilakukan masyarakat diluar menonton televisi. Memang, di era globalisasi ini, teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang pesat. Namun tak jarang banyak yang belum memikirkan dampaknya bagi alam.
Perlu diketahui, televise memerlukan tenaga listrik besar yang berdampak buruk pada perubahan iklim. Selain itu, material-material pembuatan televise sngat sukar didaur ulang seperti timah, plastic, dan merkuri. Berikut ini beberapa jenis televise yang banyak beredar di pasaran.

Televisi jenis CRT (cathode ray tube) ini merupakan jenis yang paling banyak dicari. Tidak banyak teknologi yang disertakan, membutuhkan tenaga listrik besar, sekaligus berat karena monitornya berbahan kaca. Televisi jenis CRT berbahan timah cukup tinggi yaitu o,45 kilogram per unit.

Televisi jenis LCD (liquid crystal display). Tenaga listrik yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, lebih rednah 1000 watt dari televise plasma. Namun televise jenis ini menggunakan bahan merkuri pada bola lampu untuk monitornya.

Televisi jenis PDP (plasma display panel) atau TV plasma banyak digemari karena ukurannya yang lebar dan tipis. Namun harga yang dibanderol masih terlalu tinggi di pasaran. Di samping harganya yang mahal, televise jenis ini termasuk yang ramah lingkungan karena dibuat tanpa bahan timah dan merkur. Sayangnya TV plasma masih membutuhkan tenaga listrik yang besar.

Waktu saya menulis artikel ini, saya sendiri bingung. Apakah monitor computer saya yang LCD ini aman? Dan apakah TV rumah saya berjenis CRT juga aman? Mau beli TV Plasma, sekolah saja masih dibiayai. Nah, sekarang tergantung pilihan Anda mau pilih yang mana. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan budget Anda. Yah, semoga saja ramah lingkungan…^_^...

1 komentar:

  1. ow iya2... kalo gitu Q kudu ngurangi nonton TV Q..... waduuhhh....

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Perkenalkan nama saya Faly Arnando... Saya hanyalah orang yang tak lebih dari kebanyakan orang yang hobi IT... ^_^