Kamis, 22 Januari 2009

Supaya Belajar Lebih Efektif


“Kok gini jadinya? Padahal aku udah belajar giat?”. Pertanyan tadi sering muncul pada pelajar yang tidak puas dengan nilainya. Padahal dia merasa sudah belajar siang malam. Ini sering diakibatkan pelajar tersebut menganggap belajarnya sudah cukup baik, padahal hanya membaca saja! Tentu dengan membaca, ilmu yang didapat tidak maksimal. Berikut ini cara-cara belajar yang efektif yang ditulis oleh Steven Covey dalam bukunya yang berjudul Seven Habits of Highly Effective People yang diadaptasi dari tulisan Joe Landsberger, Effective Habits for Effective Study.
1. Bertanggung jawab atas dirimu sendiri
Tanggung jawab di sini adalah titik dimana kamu berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu, dan sumber-sumber terpercaya dalam kesuksesan belajarmu.
2. Pusatkan dirimu pada nilai dan prinsip yang kamu percaya
Tentukan sendiri mana yang kamu anggap penting, yang kamu anggap paling kamu butuhkan bukan orang lain.
3. Kerjakan dulu mana yang penting
Kerjakan dulu prioritas-prioritas yang kamu anggap penting. Jangan sampai ada orang lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu.
4. Anggap dirimu berada dalam situasi “co-opetition” (bukan situasi “win-win” lagi)
“co-opetition” merupakan gabungan dari “cooperation” yang berarti kerjasama dan “competition” yang berarti persaingan. Jadi anggaplah temanmu yang membantu kamu dalam pelajaran sebagai sainganmu. Dengan begitu kamu akan terpacu untuk menjadi lebih baik. Tentu dengan cara yang benar.
5. Pahami orang lain, maka mereka akan memahamimu
Kamu adalah murid yang akan mengumpulkan tugas, dan kamu meminta waktu tambahan dalam pengerjaan tugas kepada gurumu. Apabila kamu yang jadi guru, argumen apa yang tepat untuk diberikan ketika berada di posisi gurumu itu?
6. Cari solusi yang lebih baik
Mungkin hari ini kamu belum memahami pelajaran yang diberikan gurumu. Jangan hanya membaca buku! Cobalah untuk mendiskusikannya dengan temanmu, kelompok belajarmu, guru les, atau agar lebih yakin, diskusikan dengan gurumu lagi!
7. Tantang dirimu sendiri secara berkesinambungan
Cobalah mengerjakan soal-soal yang kamu anggap mudah sampai yang sulit. Dengan begini kamu bisa lebih memahami pelajaran.

1 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Perkenalkan nama saya Faly Arnando... Saya hanyalah orang yang tak lebih dari kebanyakan orang yang hobi IT... ^_^